MEDIA ONLINE SEBAGAI TEKNOLOGI DAN INFORMASI KOMUNIKASI



UNIVERSITAS ISLAM RIAU.jpg
MAKALAH MEDIA PEMBELAJARAN DAN TIK BAHASA INDONESIA
MEDIA ONLINE SEBAGAI TEKNOLOGI DAN INFORMASI KOMUNIKASI
DOSEN : Desi Sukenti, S.Pd., M.Ed.
Kelas 4D
Disusun Oleh:
Rizky Indri Astuti     (156210983)
Roma Fitri Yunita     (156211129)                           

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM RIAU
PEKANBARU 2017


KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan  makalah ini dengan judul “MEDIA ONLINE SEBAGAI TEKNOLOGI DAN INFORMASI KOMUNIKASI”.
Makalah ini diajukan untuk memenuhi salah satu tugas pada mata kuliah Media pembelajaran dan Tik Bahasa indonesia. Kemudian  tak lupa kami ucapkan kepada Ibu Desi Sukenti, S.Pd., M.Ed. yang telah membimbing kami. Walaupun demikian, dalam menyelesaikan makalah ini, kami menghadapi kendala tetapi atas bantuan dari berbagai pihak, akhirnya makalah ini dapat diselesaikan.
Kami menyadari sepenuhnya dalam pembuatan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, bak pepatah tak ada gading yang tak retak. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca agar tugas ini menjadi lebih sempurna. Akhir kata kami ucapkan terima kasih.

Pekanbaru , 02 Februari 2017









DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR................................................................................... ii
DAFTAR ISI.................................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................. 1
       1.1       Latar Belakang..................................................................................... 1
       1.2       Rumusan Masalah................................................................................. 1
       1.3       Tujuan Masalah..................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN............................................................................... 3      
       2.1       Pengertian Media Online...................................................................... 3
       2.2       Hubungan Media Online dengan TIK.................................................. 3
       2.3       Kelebihan dan kelemahan Media Online sebagai TIK......................... 5
       2.4       Dampak Positif dan Negatif  Media Online sebagai TIK.................... 7
       2.5       Manfaat dari Media Online sebagai TIK.............................................. 9
BAB III PENUTUP....................................................................................... 12
       3.1       Kesimpulan........................................................................................... 12
       3.2       Saran..................................................................................................... 12
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................... 13




BAB I
PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang
Media online sudah menjadi media yang tidak asing lagi dalam masyarakat. Media yang menawarkan berbagai kemudahan dalam hal mencari beritta, bergaul dan berbisnis ini, sudah menjadi sahabat terbaik bagi masyarakat. Melalui media online masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Semua itu mudah dapat diakses dengan cepat tanpa membutuhkan biaya yang mahal. Media Online menawarkan sebuah kesempatan berkomunikasi yang mampu menembus ruang dan waktu. Berbagai informasi dan berita yang menjadi pembicaraan terhangat dari segala penjuru, dapat di akses dengan daya kerja media online. Begitu banyak manfaaat yang dapat diberikan oleh media onlineini terhadap masyarakat (Al­-Misbahi:2011).


1.2       Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah ialah sebagai berikut:
1.      Apa pengertian Media Online
2.      Untuk mengetahui hubungan media online dengan TIK
3.      Untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan media online bagi TIK
4.      Untuk mengetahui dampak positif dan negatif media online bagi TIK
5.      Manfaat Media Online bagi TIK





1.3       Tujuan Masalah
Adapun beberapa tujuan masalah yang kami capai ialah sebagai berikut:
1.    Menjelaskan pengertian Media online
2.    Menjelaskan kelebihan, kelemahan, dan dampak positif serta negatif media online bagi TIK
3.    Menjelaskan manfaat dari menia online bagi TIK
























BAB II
PEMBAHASAN



  3.1       Pengertian Media Online
Media Online disebut juga dengan Digital Media adalah media yang tersaji secara online di internet. Pengertian Media Online dibagi menjadi dua pengertian yaitu secara umum dan khusus ialah sebagai berikut:
Pengertian Media Online secara umum, yaitu segala jenis atau format media yang hanya bisa diakses melalui internet berisikan teks, foto, video, dan suara. Dalam pengertian umum ini, media online juga bisa dimaknai sebagai sarana komunikasi secara online. Dengan pengertian media online secara umum ini, maka email, mailing list (milis), website, blog, whatsapp, dan media sosial (sosial media) masuk dalam kategori media online.
Pengertian Media Online secara khusus yaitu terkait dengan pengertian media dalam konteks komunikasi massa. Media adalah singkatan dari media komunikasi massa dalam bidang keilmuan komunikasi massa mempunyai karakteristik tertentu, seperti publisitas dan periodisitas. Media online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia. Didalamnya terdapat portal, website (situs web), radio-online, TV-online, pers online, mail-online.

  3.2       Hubungan Media online dengan TIK
Telah kita ketahui bahwasannya teknologi kini semakin berkembang dalam perkembangannya di zaman yang sudah seba modern ini. Adapaun hubungan yang kami simpulkan dari sumber yang kami dapat ialah Teknologi informasi dan komunikasi memiliki hubungan yang sangat erat. Teknologi informasi lebih pada system pengolahan informasi sedangkan teknologi komunikasi berfungsi untuk pengiriman informasi (information delivery). Pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di sekolah memadukan dua unsure, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi menjadi teknologi informasi dan komunikasi. Dengan tujuan siswa dan guru memiliki kompetensi untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi bersama-sama.
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berkembang dengan pesat. Hal ini dipicu dengan adanya berbagai penemuan baru hasil penelitian para pakar dalam bidang teknologi. Perkembangan TIK berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan. Bahkan, banyak aktivitas dan prilaku manusia yang bergantung pada TIK termasuk di dalamnya kegiatan pembelajaran.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Menurut Rosenberg (2001) dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran, yaitu:
a)      dari pelatihan ke penampilan
b)      dari ruang kelas ke, di mana dan kapan saja
c)      dari kertas ke “on line” atau saluran
d)     fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja
e)      dari waktu siklus ke waktu nyata.
Menyadari hal tersebut, perlu adanya pemanfaatan TIK yang lebih maksimal dalam pembelajaran di sekolah dengan tujuan peningkatan efektivitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran. Dengan cara inilah perubahan peningkatan mutu pendidikan akan tercapai.




       3.3       Kelebihan dan Kelemahan Media online sebagai TIK
Adapun beberapa kelemahan dan kelebihan yang dapat kita lihat dari media online sendiri ialah sebagai berikut:
1.      Membantu mempercepat pekerjaan manusia.
Dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, pekerjaan manusia akan menjadi lebih cepat dan mudah. Misalnya, proses pembuatan proposal yaysan sosial, apabila menggunakan mesin ketik, maka diperlukan waktu yang lama dan dengan keakuratan yang rendah. Lain halnya apabila dikerjakan dengan menggunakan komputer dan printer untuk mencetaknya,pekerjaan ini akan menjadi lebih cepat dan akurat untuk menyusun proposal yang akan dikerjakan.
2.      Mempermudah komunikasi jarak jauh.
Sebelum adanya teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang ini, proses komunikasi masih bersifat analog. Untuk mengirimkan kabar menuju keluarga yang letaknya jauh, harus menggunkan surat dengan waktu tempuh lebih dari 2 hari, dan itupun terkadang tidak sampai pada tujuan. Dengan teknologi sekarang, bisa menggunakan sms, e-mail dan lain sebagainya yang merupakan produk teknologi informasi. Dengan menggunakannya, maka jarak yang jauh bukan lagi menjadi hambatan dalam berkomunikasi, waktu tempuhpun menjadi relatif singkat dengan keakuratan yang sangat terjamin.
3.      Mempermudah sistem administrasi
Sistem administrasi tanpa menggunakan bantuan teknologi informasi dan komunikasi akan menjadi lambat dan membutuhkan tempat yang besar. Dalam hal ini, misalny saja untuk proses penghitungan suara oleh KPU. Dalam hitungan jam saja, sudah bisa terakumulasi total suara dalam satu negara. Betapa besar manfaat adanya teknologi ini. Bisa dibayangkan seandainya tidak ada teknologi ini, mungkin diperlukan waktu hingga berbulan-bulan untuk melakukan penghitungan secara manual.
4.      Mempermudah proses transaksi keuangan
Sebelum berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, proses transaksi keuangan dilakukan secara konvensional. Nasabah harus mendatangi Bank untuk bertransaksi, begitu pula apabila akan dilakukan trnasaksi jual beli, pihka pembeli harus bertemu dengan pihak penjual untuk kemudian bertransaksi secara langsung. Namun, sekarang ini, proses transaksi sudah bisa dilakukan melalui berbagai cara, yakni bisa melelui ATM, SMS Banking dan E-Banking. Dengan cara- cara ini, maka kedua belah pihak yang terlibat transaksi tidak harus bertemu.
Setelah kelebihan yang telah diatas kita bahas sekarang kelemahan juga ada pada media online. Dari sumber yang kita ambil atau kita dapat maka kelebihannya adalah sebagai berikut:
1. Komunikasi menjadi hampa
Sebelum adanya teknologi bidang komunikasi, untuk melakukan komunikasi, haruslah bertemu antara satu pihka dengan pihak lainnya, sehingga proses komunikasi menjadi nyata dan transparan. Sekarang ini, proses komunikasi tidak harus bertatap muka, sehingga terasa kurang puas.
2. Penyalahgunaan untuk tindakan kriminal dan asusila
Maraknya penipuan dan penuculikan belakangan ini melalui situs jejaring sosial, juga merupakan efek negatif dari berkembangnya dunia informasi dan komunikasi. Selain itu, bahaya dari situs prnografi merupakan acncaman nyata bagi para generasi mida,khususnya siswa sekolah.

3. Penyalahgunaan untuk pencurian keuangan
Belakangan ini muncul berita mengenai pembobolan uang nasabah, dari hal ini jelas sekali bahwa kemampuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang tidak diimbangi dengan iman yang kuat, maka seseorang dapat terjerumus dalam tindakan pencurian melalui media internet.
4. Munculnya perilaku individualisme,ketergantungan dan  egois
Semakin tergantungnya manusia akan bidang ini, maka jiwa sosialnya akanberkurang. Misalnya saja orang akan lebih senang berada didepan komputer dari pada mengikuti kegiatan remaja atau ibadah.
5. Manusia menjadi malas beraktifitas
Ini adalah dampak yang paling nyata yang dapat kita lihat dan rasakan, hampir tiap waktu, sepulang sekolah, siswa sekolah lebih banyak menghabiskan waktunya di warnet untuk bermain game online. waktu mereka untuk belajarpun menjadi berkurang, disinilah peran orang tua harus aktif untuk bisa menjelaskan pada anaknya mengenai pembagian waktu untuk belajar dan bermain.

       3.4       Dampak Positif dan Negatif Media online sebagai TIK
Di tengah-tengah era globalisasi tidak bisa dipungkiri hadirnya media online semakin dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi media online menghapuskan batasan-batasan dalam bersosialisasi, dalam media nline tidak ada batasan ruang dan waktu dan dengan siapa mereka berkomunikasi, mereka dapat berkomunikasi kapanpun dimana pun mereka berada dan dengan siapa pun. Maka tidak dapat dipungkiri bahwa media online memiliki pengaruh besar dan berdampak dalam kehidupan seseorang. Adapun dampak positif sosial media adalah:
a.       Mempermudah kegiatan belajar, karena dapat digunakan sebagai sarana untuk berdiskusi dengan teman sekolah tentang tugas (mencari informasi).
b.      Mencari dan menambah teman atau bertemu kembali dengan teman lama. Baik itu teman di sekolah, di lingkungan bermain maupun teman yang bertemu melalui jejaring sosial lain.
c.       Menghilangkan kepenatan pelajar, itu bisa menjadi obat stress setelah seharian bergelut dengan pelajaran di sekolah. Misalnya: mengomentari status orang lain yang terkadang lucu dan menggelitik, bermain game, dan lain sebagainya.
Selain dampak positif media online juga memiliki dampak negatif terhadap pendidikan anak. Adapun dampak-dampak negatif yang ditimbulkan media online adalah:
a.       Berkurangnya waktu belajar, karena keasyikan menggunakan media online seperti terlalu lama ketika facebookkan dan ini akan mengurangi waktu belajar.
b.      Mengganggu konsentrasi belajar di sekolah, ketika siswa sudah mulai bosan dengan cara pembelajaran guru, mereka akan mengakses media online semaunya.
c.       Merusak moral pelajar, karena sifat remaja yang labil, mereka dapat mengakses atau melihat gambar porno milik orang lain dengan mudah.
d.      Menghabiskan uang jajan, untuk mengakses internet dan untuk membuka facebook jelas berpengaruh terhadap kondisi keuangan (terlebih kalau akses dari warnet) sama halnya mengakses facebook dari handphonen
e.       Mengganggu kesehatan, terlalu banyak menatap layar handphone maupun komputer atau laptop dapat mengganggu kesehatan mata.

       3.5       Manfaat dari media online sebagai TIK
Adapun manfaat media online dalam pendidikan dapat dijabarkan sebagai berikut:

1.    Memberikan Pengetahuan Tentang Tujuan Belajar
Pada permulaan pembelajaran, siswa perlu diberi tahu tentang pengetahuan yang akan diperolehnya atau ketrampilan yang akan dipelajarinya. Kepada siswa harus dipertunjukkan apa yang diharapkan darinya, apa yang harus dapat ia lakukan untuk menunjukkan bahwa ia telah menguasai bahan pelajaran dan tingkat kesulitan yang diharapkan.

2.    Memotivasi Siswa
Salah satu peran yang umum dari media online adalah memotivasi siswa. Tanpa motivasi, sangat mungkin pembelajaran tidak menghasilkan belajar. Usaha untuk memotivasi siswa seringkali dilakukan dengan menggambarkan sejelas mangkin keadaan di masa depan, dimana siswa perlu menggunakan pengetahuan yang telah diperolehnya. Jika siswa menjadi yakin tentang relevansi pembelajaran dengan kebutuhannya di masa depan, ia akan termotivasi mengikuti pembelajaran.

3.    Menyajikan Informasi
Dalam sistem pembelajaran yang besar yang terdiri dari beberapa kelompok tantangan kurikulum yang sama, media seperti film dan televisi dapat digunakan untuk menyajikan informasi. Guru kelas bebas dari tugas mempersiapkan dan menyajikan pelajaran, ia dapat menggunakan energinya kepada fungsi-fungsi yang lain seperti merencanakan kegiatan siswa, mendiagnosa masalah siswa, memberikan konseling secara individual.



4.    Merangsang Diskusi
Kegunaan media untuk merangsang diskusi sering kali disebut sebagai papan loncat, diambil dari bentuk penyajian yang relatif singkat kepada sekelompok siswa dan dilanjutkan dengan diskusi. Format media biasanya menyajikan masalah atau pertanyaan, sering kali melalui drama atau contoh pengalaman manusia yang spesifik.

5.    Mengarahkan Kegiatan Siswa
Pengarahan kegiatan merupakan penerapan dari metode pembelajaran yang disebut metode kinerja (performance) atau metode penerapan (application). Penekanan dari metode ini adalah pada kegiatan melakukan (doing). Media dapat digunakan secara singkat atau sebentar-sebentar untuk mengajak siswa mulai dan berhenti. Dengan kata lain program media digunakan untuk mengarahkan siswa melakukan kegiatan langkah demi langkah.

6.    Pelaksanakan Latihan Dan Ulangan
Penyajian latihan adalah proses mekanis murni dan dapat dilakukan dengan sabar dan tak kenal lelah oleh media komunikasi, khususnya oleh media yang dikelola komputer. Laboratorium bahasa juga salah satu contoh media yang digunakan untuk pengulangan dan latihan.

7.    Menguatkan Belajar
Penguatan seringkali disamakan dengan motivasi, atau digolongkan dalam motivasi. Penguatan adalah kepuasan yang dihasilkan dari belajar, dimana cenderung meningkatkan kemungkinan siswa merespon dengan tingkah laku yang diharapkan, setelah diberikan stimulus.




8.    Memberikan Pengalaman Simulasi
Simulator adalah alat untuk menciptakan lingkungan buatan yang secara realistis dapat merangsang siswa dan bereaksi, seperti pilot. Instruktur biasanya menjadi bagian dari sistem, memberikan penilaian segera dan menyelipkan kerusakan pada sistem untuk memberikan siswa latihan mengatasi masalah.
Menurut Ensychlopedy of Educational Research, nilai atau manfaat media komunikasi pendidikan  adalah sebagai berikut:
1.      Meletakkan dasar-dasar yang kongkret untuk berfikir sehingga mengurangi verbalitas.
2.      Memperbesar perhatian siswa.
3.      Meletakkan dasar yang penting untuk perkembangan belajar oleh karena itu pelajaran lebih mantap.
4.      Memberikan pengalaman yang nyata.
5.      Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan kontinu.
6.      Membantu tumbuhnya pengertian dan dengan demikian membantu perkembangan bahasa.
7.       Memberikan pengalaman yang tidak diperoleh dengan cara yang lain.
8.      Media pendidikan memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara guru dan murid.
9.      Media pendidikan memberikan pengertian atau konsep yang sebenarnya secara realita dan teliti.
10.  Media pendidikan membangkitkan motivasi dan merangsang kegiatan belajar






BAB III
KESIMPULAN


       3.1       Kesimpulan
Pengertian Media Online secara umum, yaitu segala jenis atau format media yang hanya bisa diakses melalui internet berisikan teks, foto, video, dan suara. Dalam pengertian umum ini, media online juga bisa dimaknai sebagai sarana komunikasi secara online. Dengan pengertian media online secara umum ini, maka email, mailing list (milis), website, blog, whatsapp, dan media sosial (sosial media) masuk dalam kategori media online.
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berkembang dengan pesat. Hal ini dipicu dengan adanya berbagai penemuan baru hasil penelitian para pakar dalam bidang teknologi. Perkembangan TIK berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan. Bahkan, banyak aktivitas dan prilaku manusia yang bergantung pada TIK termasuk di dalamnya kegiatan pembelajaran.
Sebelum adanya teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang ini, proses komunikasi masih bersifat analog. Untuk mengirimkan kabar menuju keluarga yang letaknya jauh, harus menggunkan surat dengan waktu tempuh lebih dari 2 hari, dan itupun terkadang tidak sampai pada tujuan. Dengan teknologi sekarang, bisa menggunakan sms, e-mail dan lain sebagainya yang merupakan produk teknologi informasi.


3.2     Saran
Kami sebagai penulis makalah ini ingin memberikan saran kepada seluruh pembaca makalah kami ataupun yang lainnya sebaiknya kita sebagai manusia harus menggunakan media online dengan sebaik-baiknya agar tidak merusak pikiran ataupun yang lainnya. Dengan demikian, kita dapat menghindari dampak-dampak negatif yang disebabkan oleh media online tersebut.

DAFTAR PUSTAKA

jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/download/693/553
Manfaat Media Komunikasi di peroleh pada tanggal 4 februari 2017. http://rizkynuradhikarahmah.blogspot.co.id/2014/12/manfaat-media-komunikasi-dalam.html
TIK sebagai Media Pembelajaran diperoleh pada tanggal 4 februari 2017. https://nurcahyonotrimuda.wordpress.com/artikel/tik-sebagai-media-pembelajaran/
Aryad, azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers





 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS UNSUR INTRNSIK NOVEL LONDON LOVE STORY KARYA TISA TS. DAN STANLEY MAULEN

PROSES PERKEMBANGAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN PROSES BELAJAR